A.    Penyesuaian Diri terhadap Lingkungan Sekolah Baru

Setiap memasuki lingkungan yang baru kita pasti akan merasa asing, karena belum mengenalnya, sering merasa bingung, malu takut serta ragu – ragu, banyak hal yang baru ditemui. Ada pepatah mengatakan “tak kenal maka tak sayang” ini berarti kita harus mengenal lingkungan sekolah yang baru supaya merasa senang dan betah belajar di tempat yang baru, sehingga kita nantinya mendapatkan nilai dan prestasi yang optimal.

Siswa di Medan Ikuti MPLS dengan Tatap Muka - Medcom.id
Untuk itu kita harus mengenal dan memahami segala sesuatu yang ada di lingkungan sekolah baru, antara lain :
1.      Mata Pelajaran
2.      Ekstrakulikuler
3.      Guru yang mengajar
4.      Ruang perpustakaan
5.      Ruang laboratorium
6.      Ruang kepala sekolah  , Guru , BK dan TU
7.      Teman – teman satu kelas
8.      Kamar mandi

Selain guru mata pelajaran, ada juga guru khusus yang membimbing siswa apabila menemui kesulitan atau masalah dalam belajar, bergaul serta dalam mengembangkan bakat dan minatnya yang mana biasa disebut dengan Guru Bimbingan dan Konseling atau Guru BK atau yang akrab disebut Konselor sekolah.
 Ciri – Ciri Program Bimbingan dan Konseling (BK) yang Efektif dan ...
Nantinya disetiap kelas juga terdapat guru yang bertanggung jawab mengurus dan mengawasi kelasnya serta juga berfungsi sebagai orang tua di sekolah yang akrab disebut Wali Kelas.

Di sekolah yang baru kita akan mempunyai teman baru yang mana bisa saja berasal dari sekolah lain serta nanti kita dapat menemui kakal kelas yang nantinya dapat membantu kita mengembaangkan bakat kita melalui ekstrakuliler.

           B.     Belajar Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan Sekolah Baru

Salah satu aspek keberhasilan seseorang dalam belajar di lingkungan yang baru ialah kemampuan untuk menyesuaiakn diri dengan lingkungan yang akan ditempati. Agar bisa belajar dengan baik dan mencapai hasil optimal. Dengan demikian maka siswa harus tahu seluk beluk sekolah yang baru, sehingga dapat menyesuaikan diri dengan tata tertib sekolah, cara mengajar para guru serta kebiasaan – kebiasaan dari kakak kelasnya. Agar nantinya dapat mengikuti kegiatan belajar tanpa banyak hambatan.
 Contoh Dialog Percakapan Cara Menyapa (Greeting) Di Sekolah Bahasa ...
1.      Langkah Pertama : Pengenalan Sekolah
a.      Lakukan pengenalan dengan mengelilingi sekolah anda
Sebelum hari pertama di sekolah dimulai, pergilah mengunjungi sekolah bersama orang tua anda. Cari tahu dimana letak kelas anda, begitu pula dengan laboratorium, ruang guru & TU serta tempat penting lainnya
b.     Temui guru – guru anda
Menemui guru anda sebelum sekolah dimulai juga akan membantu anda untuk menyesuaikan diri dengan mudah di sekolah baru. Perkenalkan diri serta tersenyumlah. Bersikap ramah dengan guru anda akan membantu proses transisi anda. Cari tahu fakta penting tentang mereka, seperti mata pelajaran yang beliau ajar dan kapan jam pelajaran mereka
c.      Bacalah buku panduan sekolah
Mengetahui kebijakan sekolah jauh – jauh hari akan membantu mempermudah menyesuaikan diri dengan budaya sekolah. 

2.      Langkah Kedua
a.    Lakukan uji coba hari pertama disekolah
Sebelum hari pertama dimulai, tidak ada salahnya melakukan uji coba pergi ke sekolah untuk menghitung waktu ke sekolah dengan berjalan kaki maupun dengan bersepeda.
b.    Persiapkan peralatan sekolah anda
Selalu buat daftar peralatan sekolah untuk dibawa ke sekolah dan pastikan peralatan tsb siap dibawa. Untuk masa "New Normal" kalian perlu membawaw peralatan tambahan seperti masker serta hand sanitizer jika di perlukan
c.    Istirahat cukup
Mulailah hari pertama di sekolah dengan tidur malam yang nyenyak. Istirahat cukup untuk mengurangi rasa gugup yang akan anda rasakan di hari pertama bersekolah.
d.    Jangan lupa sarapan
Sarapan pagi membuat kalian siap di sekolah sehingga kalian membutuhkan sarapan yang bergizi dan berprotein. Yang mana nantinya kalian akan siap untuk beraktivitas hingga siang hari
e.    Siapkan seragam sekolah
Siapkan seragam sekolah kalian untuk hari pertama di malam sebelumnya. Dengan begitu anda tidak terburu – buru mencari seragam kalian di esok paginya dengan tenang.
f.     Berangkatlah lebih awal
Pastikan anda menyediakan banyak waktu pagi hari untuk pergi ke sekolah. anda pasti tidak akan suka jika harus berlari – lari ke kelas setelah bel berbunyi. Sampai di sekolah lebih awal juga nantinya memberi kalian kesempatan untuk mengobrol dengan teman baru kalian

3.      Langkah Ketiga
a.    Pelajari peraturan sekolah
Setiap sekolah memiliki serangkaian peraturan sendiri yang dibuat untuk membantu siswa agar tetap nyaman dan belajar dengan baik. Mempelajari peraturan sekolah akan membantu anda menyesuaikan diri dan menjauhkan anda dari masalah.
b.    Lakukan apa yang dikatakan guru
Ketika anda mulai bersekolah yang baru, anda harus mengikuti petunjuk guru dengan teliti. Berikan kesan yang baik terhadap guru yang akan membawa keberhasilan anda dalam menyesuaikan diri secara positif di sekolah baru. Di era "New Normal" ini perlunya mengikuti apa yang dikatan guru seperti menjaga jarak antar teman.
c.    Kerjakan PR kalian
Mengerjakan PR dan berusaha sungguh – sungguh untuk meraih prestasi yang baik di sekolah akan membantu proses penyesuaian diri anda.

4.      Langkah Keempat
a.    Pelajari cara memperkenalkan diri
Memperkenalkan diri dan memulai percakapan dengan orang baru bisa menakutkan, apalagi jika anda merasa malu. Pilihlah seseorang untuk diajak berkenalan. Tersenyumlah dan ucapkan salam. Bicarakan sesuatu yang berhubungan dengan sekolah
b.    Cobalah untuk berkenalan dengan teman kalian
Berteman dengan satu atau dua teman baru sebelum sekolah dimulai akan sangat berguna karena anda tidak akan merasa begitu sendirian saat pergi ke sekolah pada saat hari pertama.
c.    Ikutlah dalam kegiatan sekolah lainnya
Daftarkan diri anda dalam kegiatan ekstrakulikuler di sekolah. dalam hal ini akan menempatkan anda dalam kelompok yang memiliki minat serta bakat yang sama dengan kalian.
d.    Jadilah diri sendiri
Usahakan sebaik mungkin untuk menjadi diri sendiri untuk menunjukkan jati diri kalian kepada teman teman kalian
e.    Memulai percapakan dengan teman sebangku adalah cara terbaik untuk mendapatkan teman
f.     Berbagi pengalaman anda selama liburan bisa menjadi cara tepat untuk membuat teman anda menjadi nyaman

 Dengan belajar menyesuaikan diri terhadap lingkungan sekolah baru, maka diharapkan siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan kemampuan masing – masing.
Setelah kalian membaca materi diatas , kerjakan tugas berikutnya dengan menekan tombol tugas dibawah ini.
Tugas Ekonomi Untuk Kelas X IPS dan X MIA (Lintas Minat ...